Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program Profesi Pendidikan yang dirancang untuk mempersiapkan lulusan sarjana pendidikan maupun non-pendidikan agar memiliki kompetensi yang diperlukan untuk menjadi seorang guru profesional.
Dari hasil seleksi penerimaan PPG Calon Guru Gelombang 2 tahun 2024 dan telah mengisi kesediaan di SIMPKB sebagai mahasiswa PPG Calon Guru di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, maka mahasiswa perlu melakukan Lapor Diri.
Jadwal Pelaksanaan dan Lapor Diri PPG Calon Guru di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia adalah sebagai berikut.
- Jadwal Pelaksanaan
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Penetapan Peserta | 23 Agustus 2024 |
2 | Matrikulasi Mahasiswa Non Pendidikan | 12 Agustus 2024 – 4 September 2024 |
3 | Lapor Diri | 26-31 Agustus 2024 |
4 | Orientasi | 5-6 September 2024 |
5 | Perkuliahan | Mulai 9 September 2024 |
2. Ketentuan Lapor Diri
Seluruh berkas lapor diri diunggah melalui aplikasi lapor diri di https://pmb.mahadewa.ac.id , dan dikumpulkan secara offline ke Universitas PGRI Mahadewa Indonesia antara lain:
a. Scan Kartu Peserta PPG Pakta Integritas (dapat diunduh di SIMPKB)
b. Scan Ijazah S1/DIV yang dilegalisir
c. Scan Transkrip Nilai S1/DIV
d. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran
e. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) minimal Polsek
f. Scan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh instansi penyedia
layanan kesehatan
g. Scan Surat Bebas NAPZA (minimal 3 parameter) dari BNN/Kepolisian/RSUD/Puskesmas
h. Pas Foto Berwarna dimensi 4 x 6
Dengan Ketentuan:
- Posisi badan menghadap depan, posisi seimbang sisi kiri- kanan, bagian atas kepala tidak
- berada tepat di batas foto (ada sisa), dan proporsional untuk ukuran pasfoto
(4 x 6), - Memakai latar belakang (background) berwarna merah,
- Bukan swafoto (selfie), bukan hasil repro dari foto cetak, bukan crop dari foto lain dan bukan foto hasil edit,
- Lakukan pengambilan foto dari studio foto untuk mendapatkan hasil yang baik dan gunakan file dari studio tersebut,
- Tidak ada teks apapun di dalam foto.
Ketentuan khusus untuk pria:
1) Memakai jas berwarna hitam, he/kemeja berwarna putih polos dan berkerah, dasi hitam,
2) Tidak memakai kacamata, tidak memakai kopyah/peci/topi.
Ketentuan khusus untuk wanita:
- Memakai jas berwarna hitam, hem/kemeja berwarna putih polos dan berkerah, dasi kupu-
kupu
2) Bagi yang berkerudung: memakai kerudung berwarna hitam polos,
3) Tidak memakai kacamata,
4) Bagi yang berkerudung panjang, masih bisa diterima bila kerudungnya menutupi hem/kemeja putih (dimasukkan ke dalam jas atau menutupi jas).
TUTORIAL LAPOR DIRI DAPAT DIAKSES MELALUI:
https://bit.ly/TutorialLaporDiri_PPGUPMI
INFORMASI PENTING:
BERKAS FISIK KELENGKAPAN ADMINISTRASI LAPOR DIRI AGAR DIKUMPULKAN KE KAMPUS UNIVERSITAS PGRI MAHADEWA INDONESIA
Waktu Pengumpulan : 09.00 WITA – 14.00 WITA
Tempat : Ruang PPG UPMI
(Alamat kampus: Jalan Seroja No. 57, Desa Tonja, Denpasar Utara)
Maps: https://maps.app.goo.gl/fX43vm2yuJwKxqfR7
2. Layanan Informasi:
Untuk layanan informasi akan disampaikan melalui laman PPG Universitas PGRI Mahadewa Indonesia di link UPMI BALI | Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dan PPG – Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
- Gabung Grup Whatsapp PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024:
https://chat.whatsapp.com/FN6hM7NAx0EDwB7fTaZ4L9
Informasi lain-lain:
1. Informasi lain yang berkaitan dengan orientasi akademik dan pembelajaran PPG akan disampaikan melalui web UPMI BALI | Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dan PPG – Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dan group Whatsapp. Untuk informasi awal, orientasi akademik bagi mahasiswa baru akan dilaksanakan tgl 5-6 September 2024 di Gedung Auditorium Redha Gunawan UPMI
3. Pertanyaan dan informasi seputar lapor diri dapat dilakukan pada hari dan jam kerja (Senin
s.d Jumat, 08.00 – 15.00 WITA).
Kegiatan setelah lapor diri, silahkan gabung ke grup whatsapphttps://chat.whatsapp.com/FN6hM7NAx0EDwB7fTaZ4L9untuk mendapatkan informasi lanjutan terkait dengan kegiatan orientasi akademik dan informasi lainnya.
Ttd
Kaprodi PPG UPMI
Dr. I Wayan Sumandya, S.Pd., M.Pd