Struktur Kurikulum

Dokumen lengkap kurikulum Pengajaran PPG Universitas PGRI Mahadewa Indonesia yang meliputi :identitas PPG, evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum sebelumnya, visi akademik/profesi, misi pendidikan, tujuan, profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan (CPL), bidang kajian, daftar mata kuliah/mata lokakarya/workshop, dan perangkat pembelajaran (RPS), disajikan pada tautan: https://bit.ly/3REPEH7. Secara rinci Kerikulum PS PPG UPMI disajikan dalam tabel di bawah ini.

1.

Identitas

:

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

 

2.

Visi

:

Menjadi Program Studi Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru yang Unggul, Inovatif. dan Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana Tahun 2030

 

3.

Misi

:

Menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru yang Unggul, Inovatif, dan Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana

 

4.

Tujuan

 

Menghasilkan guru yang unggul, inovatif, dan berkarakter berlandaskan Tri Hita Karana

 

5.

Profil Lulusan

:

Guru profesional

 

6.

Capaian Pembelajaran Lulusan

:

  
 

1)      Sikap

:

Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, patriotis, toleran, multikulturalis, kolaboratif, peduli lingkungan, disiplin, menjunjung tinggi etika profesi, bertanggung jawab, mandiri, dan berjiwa wirausaha.

 
 

2)      Pengetahuan

:

1.       Menguasai dan menerapkan teori dan konsep untuk menyusun alur belajar berdasarkan tingkat kompleksitas bidang ilmu yang terkait.

2.       Memiliki pengetahuan untuk memetakan tingkat penguasaan peserta didik dengan mempertimbangkan proses belajar, kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang peserta didik untuk kepentingan pembelajaran.

3.       Memahami strategi perencanaan tujuan belajar, indikator dan strategi pencapaian sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila.

4.       Memahami pengetahuan tentang teknik evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajar

       

 

3)      Keterampilan Umum

:

1.       Bekerja sebagai guru secara profesional.

2.       Membuat keputusan secara independen dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

3.       Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi guru dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama komunitas guru.

4.       Evaluasi secara kritis terhadap kinerja dan keputusan sendiri atau sejawat.

5.       Memimpin tim kerja dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan peningkatan mutu sumber daya untuk pengembangan organisasi.

6.       Membangun jejaring dan berkolaborasi dengan sejawat, profesi lain, dan pemangku kepentingan.

7.       Bertanggung jawab atas pekerjaannya sebagai guru sesuai dengan kode etik profesinya.

8.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan kebijakan nasional.

9.       Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data serta informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya sebagai guru secara berkelanjutan.

10.    Mampu menyelesaikan masalah terutama terkait pembelajaran.

 
 

4)      Keterampilan Khusus

:

1.       Mengembangkan pengetahuan profesional dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila secara akomodatif, adaptif dan progresif terhadap perkembangan zaman.

2.       Mengembangkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan masyarakat.

3.       Menunjukkan praktik pembelajaran profesional yang terdiri dari merancang, melaksanakan, melakukan asesmen, dan melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

4.       Mengembangkan kemampuan profesional yang berkelanjutan dan menerapkan keterampilan kepemimpinan dalam mengembangkan profesinya.

        

7.

Bidang Kajian

:

a.      Keprofesian Guru

b.      Pendalaman Materi Pedagogis

c.      Pendalaman Materi Bidang Studi/Keahlian

d.      Perencanaan Pembelajaran

e.      Penilaian Pembelajaranf. Peerteaching

f.      Perencanaan Penelitian Tindakan

g.      Penelitian tindakan

h.      PPL

i.       Kehidupan Berasrama

 

8.

Mata Kuliah

:

Dalam Jabatan

 

 

Struktur Kurikulum Program PPG Dalam Jabatan Kategori 1

 

 

No.

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar

Proses Pembelajaran

 

1)

Pendalaman Materi

(Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat

  tinggi/high order thinking skills)

22000010151

5

Tutorial/Kuliah

 

2)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif)

22000010231

3

Seminar/Lokakarya

 

3)

PPL

(Praktik Pembelajaran Inovatif)

22000010341

4

Praktik Lapangan

 
 

Jumlah

 

12

  

 

Struktur Kurikulum Program PPG Dalam Jabatan Kategori 2

 

 

No.

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar

Proses Pembelajaran

 

1)

Pendalaman Materi

(Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat

  tinggi/high order thinking skills)

22000020161

6

Tutorial/Kuliah

 

2)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif)

22000020251

5

Seminar/Lokakarya

 

3)

PPL

(Praktik Pembelajaran Inovatif)

22000020371

7

Praktik Lapangan

 
 

Jumlah

 

18

  

9.

Mata Kuliah

:

Prajabatan

 

 

Struktur Kurikulum Program PPG Prajabatan Mata Kuliah Inti

 

 

No.

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar

 

1)

Filosofi Pendidikan Indonesia

2200030121

2

 

2)

Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

2200030231

3

 

3)

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I

2200030331

3

 

4)

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II

2200030232

3

 

5)

Pembelajaran Sosial Emosional

2200030132

3

 

6)

Seminar Pendidikan Profesi Guru

2200030512

1

 

7)

Projek Kepemimpinan I

2200030611

1

 

8)

Projek Kepemimpinan II

2200030412

1

 

9)

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I

2200030761

6

 

10)

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II

22000306102

10

 

 

Struktur Kurikulum Program PPG Prajabatan Mata Kuliah Pilihan Selektif

 

 

No.

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar

Keterangan

 

1)

Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran

2200030821

2

  

2)

Literasi Dasar*

2200030921

2

* Hanya berlaku untuk bidang studi PGSD dan PG PAUD

 

3)

Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

2200030521

2

 

 

4)

Pengantar Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

2200031021

2

 

 

5)

Perancangan dan Pengembangan Kurikulum

2200030421

2

 

 

6)

Pembelajaran Berdiferensiasi

2200030322

2

 

 

7)

Pengajaran dan Pembelajaran Daring dan Bauran

2200031121

2

 

 

8)

Design Thinking

2200031221

2

De

 

9)

Computational Thinking

2200030722

2

  

10)

Pendidikan di Daerah Khusus

2200030822

2

  

11)

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

2200030922

2

  

12)

Bahasa Inggris untuk Guru SD**

2200031022

2

**Hanya berlaku untuk bidang studi PGSD

 

                                          Distribusi Mata Kuliah Tiap Semester

Semester 1

Kode MK

Jumlah sks

Semester 2

Kode MK

Jumlah sks

 

Filosofi Pendidikan Indonesia

2200030121

2

Pembelajaran Sosial Emosional

2200030132

3

 

Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

2200030231

3

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II

2200030232

3

 

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I

2200030331

3

MK Pilihan Selektif/MK Pilihan Elektif

2200030322

2

 

MK Pilihan Selektif

2200030421

2

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II

22000306102

10

 

MK Pilihan Elektif*

2200030521

2

Projek Kepemimpinan II

2200030412

1

 

Projek Kepemimpinan I

2200030611

1

Seminar Pendidikan Profesi Guru

2200030512

1

 

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I

2200030761

6

    

Total

 

19

  

20

 

10.

RPS Mata Kuliah

:

RPS mata kuliah dalam jabatan dan Prajabatan  disajikan dalam link berikut ini. https://bit.ly/3Rh1nLx