Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum
Dokumen lengkap kurikulum Pengajaran PPG Universitas PGRI Mahadewa Indonesia yang meliputi :identitas PPG, evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum sebelumnya, visi akademik/profesi, misi pendidikan, tujuan, profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan (CPL), bidang kajian, daftar mata kuliah/mata lokakarya/workshop, dan perangkat pembelajaran (RPS), disajikan pada tautan: https://bit.ly/3REPEH7. Secara rinci Kerikulum PS PPG UPMI disajikan dalam tabel di bawah ini.
1. | Identitas | : | Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas PGRI Mahadewa Indonesia | ||||||||||
2. | Visi | : | Menjadi Program Studi Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru yang Unggul, Inovatif. dan Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana Tahun 2030 | ||||||||||
3. | Misi | : | Menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru yang Unggul, Inovatif, dan Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana | ||||||||||
4. | Tujuan | Menghasilkan guru yang unggul, inovatif, dan berkarakter berlandaskan Tri Hita Karana | |||||||||||
5. | Profil Lulusan | : | Guru profesional | ||||||||||
6. | Capaian Pembelajaran Lulusan | : | |||||||||||
1) Sikap | : | Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, patriotis, toleran, multikulturalis, kolaboratif, peduli lingkungan, disiplin, menjunjung tinggi etika profesi, bertanggung jawab, mandiri, dan berjiwa wirausaha. | |||||||||||
2) Pengetahuan | : | 1. Menguasai dan menerapkan teori dan konsep untuk menyusun alur belajar berdasarkan tingkat kompleksitas bidang ilmu yang terkait. 2. Memiliki pengetahuan untuk memetakan tingkat penguasaan peserta didik dengan mempertimbangkan proses belajar, kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang peserta didik untuk kepentingan pembelajaran. 3. Memahami strategi perencanaan tujuan belajar, indikator dan strategi pencapaian sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila. 4. Memahami pengetahuan tentang teknik evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajar |
| ||||||||||
3) Keterampilan Umum | : | 1. Bekerja sebagai guru secara profesional. 2. Membuat keputusan secara independen dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. 3. Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi guru dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama komunitas guru. 4. Evaluasi secara kritis terhadap kinerja dan keputusan sendiri atau sejawat. 5. Memimpin tim kerja dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan peningkatan mutu sumber daya untuk pengembangan organisasi. 6. Membangun jejaring dan berkolaborasi dengan sejawat, profesi lain, dan pemangku kepentingan. 7. Bertanggung jawab atas pekerjaannya sebagai guru sesuai dengan kode etik profesinya. 8. Berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan kebijakan nasional. 9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data serta informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya sebagai guru secara berkelanjutan. 10. Mampu menyelesaikan masalah terutama terkait pembelajaran. | |||||||||||
4) Keterampilan Khusus | : | 1. Mengembangkan pengetahuan profesional dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila secara akomodatif, adaptif dan progresif terhadap perkembangan zaman. 2. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan masyarakat. 3. Menunjukkan praktik pembelajaran profesional yang terdiri dari merancang, melaksanakan, melakukan asesmen, dan melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan. 4. Mengembangkan kemampuan profesional yang berkelanjutan dan menerapkan keterampilan kepemimpinan dalam mengembangkan profesinya. |
| ||||||||||
7. | Bidang Kajian | : | a. Keprofesian Guru b. Pendalaman Materi Pedagogis c. Pendalaman Materi Bidang Studi/Keahlian d. Perencanaan Pembelajaran e. Penilaian Pembelajaranf. Peerteaching f. Perencanaan Penelitian Tindakan g. Penelitian tindakan h. PPL i. Kehidupan Berasrama | ||||||||||
8. | Mata Kuliah | : | Dalam Jabatan | ||||||||||
| |||||||||||||
No. | Mata Kuliah | Kode MK | Beban Belajar | Proses Pembelajaran | |||||||||
1) | Pendalaman Materi (Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi/high order thinking skills) | 22000010151 | 5 | Tutorial/Kuliah | |||||||||
2) | Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) | 22000010231 | 3 | Seminar/Lokakarya | |||||||||
3) | PPL (Praktik Pembelajaran Inovatif) | 22000010341 | 4 | Praktik Lapangan | |||||||||
Jumlah | 12 | ||||||||||||
| |||||||||||||
No. | Mata Kuliah | Kode MK | Beban Belajar | Proses Pembelajaran | |||||||||
1) | Pendalaman Materi (Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi/high order thinking skills) | 22000020161 | 6 | Tutorial/Kuliah | |||||||||
2) | Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif) | 22000020251 | 5 | Seminar/Lokakarya | |||||||||
3) | PPL (Praktik Pembelajaran Inovatif) | 22000020371 | 7 | Praktik Lapangan | |||||||||
Jumlah | 18 | ||||||||||||
9. | Mata Kuliah | : | Prajabatan | ||||||||||
| |||||||||||||
No. | Mata Kuliah | Kode MK | Beban Belajar | ||||||||||
1) | Filosofi Pendidikan Indonesia | 2200030121 | 2 | ||||||||||
2) | Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya | 2200030231 | 3 | ||||||||||
3) | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I | 2200030331 | 3 | ||||||||||
4) | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II | 2200030232 | 3 | ||||||||||
5) | Pembelajaran Sosial Emosional | 2200030132 | 3 | ||||||||||
6) | Seminar Pendidikan Profesi Guru | 2200030512 | 1 | ||||||||||
7) | Projek Kepemimpinan I | 2200030611 | 1 | ||||||||||
8) | Projek Kepemimpinan II | 2200030412 | 1 | ||||||||||
9) | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I | 2200030761 | 6 | ||||||||||
10) | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II | 22000306102 | 10 | ||||||||||
| |||||||||||||
No. | Mata Kuliah | Kode MK | Beban Belajar | Keterangan | |||||||||
1) | Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran | 2200030821 | 2 | ||||||||||
2) | Literasi Dasar* | 2200030921 | 2 | * Hanya berlaku untuk bidang studi PGSD dan PG PAUD | |||||||||
3) | Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran | 2200030521 | 2 |
| |||||||||
4) | Pengantar Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus | 2200031021 | 2 |
| |||||||||
5) | Perancangan dan Pengembangan Kurikulum | 2200030421 | 2 |
| |||||||||
6) | Pembelajaran Berdiferensiasi | 2200030322 | 2 |
| |||||||||
7) | Pengajaran dan Pembelajaran Daring dan Bauran | 2200031121 | 2 |
| |||||||||
8) | Design Thinking | 2200031221 | 2 | De | |||||||||
9) | Computational Thinking | 2200030722 | 2 | ||||||||||
10) | Pendidikan di Daerah Khusus | 2200030822 | 2 | ||||||||||
11) | Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia | 2200030922 | 2 | ||||||||||
12) | Bahasa Inggris untuk Guru SD** | 2200031022 | 2 | **Hanya berlaku untuk bidang studi PGSD | |||||||||
Distribusi Mata Kuliah Tiap Semester | |||||||||||||
Semester 1 | Kode MK | Jumlah sks | Semester 2 | Kode MK | Jumlah sks | ||||||||
Filosofi Pendidikan Indonesia | 2200030121 | 2 | Pembelajaran Sosial Emosional | 2200030132 | 3 | ||||||||
Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya | 2200030231 | 3 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II | 2200030232 | 3 | ||||||||
Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I | 2200030331 | 3 | MK Pilihan Selektif/MK Pilihan Elektif | 2200030322 | 2 | ||||||||
MK Pilihan Selektif | 2200030421 | 2 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II | 22000306102 | 10 | ||||||||
MK Pilihan Elektif* | 2200030521 | 2 | Projek Kepemimpinan II | 2200030412 | 1 | ||||||||
Projek Kepemimpinan I | 2200030611 | 1 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | 2200030512 | 1 | ||||||||
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I | 2200030761 | 6 | |||||||||||
Total | 19 | 20 | |||||||||||
10. | RPS Mata Kuliah | : | RPS mata kuliah dalam jabatan dan Prajabatan disajikan dalam link berikut ini. https://bit.ly/3Rh1nLx |